Penelitian bermaksud mengembangkan instrumen tes merupakan topik yang hangat untuk diteliti. Tes memiliki peranan penting untuk mengukur kemampuan siswa. Berdasarkan riset penulis terdapat beberapa penelitian yang mengembangkan instrumen pemahaman konsep untuk berbagai topik Ilmu Pengetahuan Alam dan berbagai jenjang pendidikan. Namun belum ada penelitian yang mengembangkan instrumen tes pemahaman konsep zat tunggal dan campuran untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah instrumen tes pemehaman konsep yang dapat diguankana untuk mengukur sejauh mana tingkat pemahaman konsep siswa khusunya pada materi zat tunggal dan campuran. Proses pengembangan soal ini dimualia dengan selfevaluation, prototyping dan Field test. Proses penilaian oleh validator pakar dan guru meunjukkan isntrumen layak untuk digunakan. Sementara hasil uji coba menunjukkan terdapat 12 butir soal valid dengan tingkat reliabilitas 0,864. Komposisi soal terdiri dari 3 soal mudah, 7 soal sedang dan 2 soal sukar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024