Journal of Innovation and Teacher Professionalism
Vol. 3 No. 3 (2025)

Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek: Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar

Nugraha, Hermawan Septa Millenia (Unknown)
Rahardi, Rustanto (Unknown)
Suwanto, Suwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa di SDN Bareng 1, Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian mencakup seluruh siswa dan guru yang terlibat dalam pembelajaran, serta kepala sekolah yang memberikan masukan melalui wawancara. Kegiatan praktik pembelajaran terbimbing dilakukan oleh mahasiswa praktikan dengan subjek siswa kelas 3A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa meningkat, yang berdampak pada peningkatan hasil belajar dari siklus I hingga siklus II. Peningkatan ini terjadi karena penerapan model Project-Based Learning (PBL), di mana siswa mengerjakan lembar kerja, menyusun, dan menyelesaikan tugas proyek secara berkelompok. Melalui PBL, siswa lebih aktif berdiskusi, berkolaborasi, dan bertanggung jawab terhadap tugasnya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa secara signifikan. Dengan mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, PjBL menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan bermakna. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi dan pencapaian akademik siswa di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JITPro is fundamentally concerned with the improvement of teacher education, curriculum, policy, and in-service training. Besides these, the journal also accepts researches related to the problems of teacher educators and researchers in the field of educational ...