Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana preferensi belajar siswa dalam pengajaran individual memengaruhi motivasi mereka dalam belajar bahasa Indonesia di kelas IV SDN 3 Rejoagung. Pembelajaran berdiferensiasi diterapkan dengan mengombinasikan metode visual, aural, dan kinestetik untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan kelompok kontrol dan eksperimen, yang masing-masing terdiri dari 35 peserta didik. Pretest dan posttest digunakan untuk mengukur efektivitas strategi pembelajaran. Validitas dan reliabilitas kuesioner minat belajar dianalisis menggunakan perangkat lunak JAMOVI 2.3.2. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen memiliki reliabilitas tinggi (Cronbach’s α = 0,997) dan validitas yang memadai. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam hasil posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (p kurang dari 0,001). Pembelajaran berdiferensiasi yang menyesuaikan dengan gaya belajar siswa secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan motivasi mereka dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi guru dalam menerapkan strategi pengajaran yang beragam dan sesuai dengan preferensi belajar siswa. Dengan memahami gaya belajar individu, guru dapat merancang pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025