Journal of Innovation and Teacher Professionalism
Vol. 3 No. 3 (2025)

Pengaruh Gaya Belajar Siswa terhadap Minat Belajar dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Bahasa Indonesia di Kelas IV SD

Trisnanda, Shefina Febrian (Unknown)
Agustina, Dya Ayu (Unknown)
Asriyanti, Frita Devi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana preferensi belajar siswa dalam pengajaran individual memengaruhi motivasi mereka dalam belajar bahasa Indonesia di kelas IV SDN 3 Rejoagung. Pembelajaran berdiferensiasi diterapkan dengan mengombinasikan metode visual, aural, dan kinestetik untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan kelompok kontrol dan eksperimen, yang masing-masing terdiri dari 35 peserta didik. Pretest dan posttest digunakan untuk mengukur efektivitas strategi pembelajaran. Validitas dan reliabilitas kuesioner minat belajar dianalisis menggunakan perangkat lunak JAMOVI 2.3.2. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen memiliki reliabilitas tinggi (Cronbach’s α = 0,997) dan validitas yang memadai. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam hasil posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (p kurang dari 0,001). Pembelajaran berdiferensiasi yang menyesuaikan dengan gaya belajar siswa secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan motivasi mereka dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi guru dalam menerapkan strategi pengajaran yang beragam dan sesuai dengan preferensi belajar siswa. Dengan memahami gaya belajar individu, guru dapat merancang pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JITPro is fundamentally concerned with the improvement of teacher education, curriculum, policy, and in-service training. Besides these, the journal also accepts researches related to the problems of teacher educators and researchers in the field of educational ...