Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran orang tua dalam mendukung pendidikan literasi anak usia dini di rumah, khususnya pada PAUD Pertiwi Kota Jambi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek terdiri dari lima orang tua yang dipilih melalui purposive sampling, dengan latar belakang sosial, ekonomi, dan pendidikan yang beragam. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian deskriptif naratif, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa orang tua berperan sebagai fasilitator, motivator, dan pendamping, dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di rumah. Strategi mereka meliputi penyediaan materi edukatif seperti buku cerita dan alat gambar, penggunaan metode berbasis permainan, serta komunikasi rutin dengan guru. Dukungan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan literasi anak, tetapi juga mendorong perkembangan kognitif, emosional, dan sosial. Penelitian ini menekankan pentingnya kolaborasi antara orang tua dan guru dalam mendukung pendidikan anak usia dini. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi orang tua untuk meningkatkan keterlibatan mereka dalam pendidikan anak di rumah.
Copyrights © 2025