Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health
Vol 4, No 1 (2025): March 2025

Pengembangan Media Buku Literasi Berbasis QR Code Dalam Menunjang Budaya Literasi Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar

Fikri, Jaenal (Unknown)
Hilaliyah, Tatu (Unknown)
Hatima, Yoma (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, proses penerapan, dan respon peserta didik terhadap penggunaan media buku literasi berbasis QR Code dalam Menunnjang budaya literasi membaca peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Metode Research and Development (RD). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, serta angket. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SDN Balaraja 03 dengan jumlah 9 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kelayakan validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 83% dengan kategori “Sangat layak”. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh 82% dengan kategori “Sangat layak”. Proses penerapan media buku literasi berbasisi QR Code ini dilakukan selama 30 menit sebelum pembelajaran dimulai melalui tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Hasil uji coba produk kepada peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 94%, berada dalam kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian media buku literasi berbasis QR Code dalam Menunnjang budaya literasi membaca di peserta didik di sekolah dasar sangat layak untuk digunakan dalam menunjang program literasi membaca.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jetish

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Neuroscience Nursing Public Health

Description

JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health is published twice a year: March and September. E-ISSN: 2964-2507 (Elektronik) P-ISSN: 2964-819X (Cetak) Editor In Chief: T. Heru Nurgiansah, M.Pd DOI: 10.57235 Publisher: CV. Rayyan Dwi Bharata 1. Education 2. ...