Journal of Primary Education
Vol 1, No 1 (2021): JUNE

Perbedaan Hasil Hafalan Al-Qur’an Siswa Yang Menggunakan Metode Takrir Dengan Metode Kitabah

Nurhidayati, Lailli (Unknown)
Asiyah, Asiyah (Unknown)
Zubaidah, Zubaidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil hafalan Al-Qur’an siswa yang menggunakan metode Takrir dengan metode Kitabah di kelas IV MIN 02 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IV D yang mengikuti ekstrakulikuler Tahfizh berjumlah 25 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV E yang mengikuti ekstrakulikuler Tahfizh berjumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode Takrir dan metode Kitabah sedangkan variabel terikat yaitu hasil hafalan Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda yang terdiri dari pretest dan postest. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil hafalan Al- Qur’an siswa yang menggunakan metode Takrir dengan metode Kitabah di MIN 02 Kota Bengkulu. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 2,355 dan nilai ttabel untuk df= 48 dengan taraf signifkan 5% adalah 1,677. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2,355 > 1,677). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil hafalan Al-Qur’an siswa yang menggunakan metode Takrir dengan metode Kitabah di kelas IV MIN 02 Kota Bengkulu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JPE: Journal Primary Education is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the primary education covering: Development of Elementary Education Learning Dynamics of Elementary Education Systems Innovation and Creativity ...