Pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad ke-21 untuk sekolah dasar menjadi semakin penting dalam konteks pendidikan modern. Pentingnya pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad ke-21 adalah untuk memastikan bahwa pendidikan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi perkembangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiksn dampak pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad ke-21 terhadap prestasi akademik dan kesiapan peserta didil menghadapi tantangan masa depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian  kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad 21 untuk sekolah dasar bertujuan untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang relevan dan diperlukan dalam era modern. Kurikulum ini juga menekankan pada pengembangan keterampilan seperti keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, keterampilan kritis, keterampilan literasi digital, keterampilan kewirausahaan, keterampilan belajar seumur hidup. Dengan adanya perubahan pada kurikulum guru dan siswa harus beradaptasi kembali dengan kurikulum yang baru. Kurikulum berbasis keterampilan ini juga mendorong pembelajarn yang lebih interaktif, kontekstual, dan relevan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024