Madrasah : Jurnal Pendidikan Madrasah
Vol. 1, No. 2 : Madrasah (Juli - Desember 2024)

Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan Abad Ke-21 untuk Sekolah Dasar

Hafiz, Muhammad (Unknown)
Aziz, Abdul Rashid Abdul (Unknown)
Hamli, Haji (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad ke-21 untuk sekolah dasar menjadi semakin penting dalam konteks pendidikan modern. Pentingnya pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad ke-21 adalah untuk memastikan bahwa pendidikan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi perkembangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiksn dampak pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad ke-21 terhadap prestasi akademik dan kesiapan peserta didil menghadapi tantangan masa depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian  kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad 21 untuk sekolah dasar bertujuan untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang relevan dan diperlukan dalam era modern. Kurikulum ini juga menekankan pada pengembangan keterampilan seperti keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, keterampilan kritis, keterampilan literasi digital, keterampilan kewirausahaan, keterampilan belajar seumur hidup. Dengan adanya perubahan pada kurikulum guru dan siswa harus beradaptasi kembali dengan kurikulum yang baru. Kurikulum berbasis keterampilan ini juga mendorong pembelajarn yang lebih interaktif, kontekstual, dan relevan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

madrasah

Publisher

Subject

Arts Education Other

Description

"Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah" In this journal, researchers discuss the latest issues related to Islamic education, explore the potential for innovation in teaching methods, and present in-depth research contributions to enrich understanding of the dynamics of madrasah. Through its articles, ...