Jalan yang terbebani oleh volume lalu lintas serta kendaraan yang berkapasitas berat akan menyebabkan terjadinya penurunan kualitas jalan. Yang mana jika kondisi jalan menurun maka jalan tidak lagi dapat memberikan rasa aman bagi pengguna prasana jalan. Pada ruas jalan Sorong-Klamono Km.35+800 s/d 36+050 Kabupaten Sorong, Papua Barat, mengalami penurunan kualitas jalan yang mengakibatkan kerusakan jalan. Dari kerusakan jalan tersebut Tujuan di lakukan analisis nilai muatan sumbu terberat (MST) dan nilai vehicle damage factor (VDF) untuk menentukan seberapa besar daya rusak jalan yang dilalui kendaraan berkapasitas berat. Nilai vehicle damage factor (VDF) berdasar pada Manual Perkerasan Jalan dengan alat Benkelman beam No. 01/MN/BM/83 dan kendaraan golongan 6 memiliki nilai tertinggi Equivalent Single Axle Load (ESAL) yaitu 12412.1162. Analisis kerusakan jalan dilakukan dengan menggunakan metode Bina Marga, Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh 5 jenis kerusakan yang terjadi di ruas Jalan Sorong Klamono Km.35+800 – Km.36+050 yaitu pelepasan butir, retak acak, retak melintang, retak memanjang, dan amblas. Nilai Kondisi kerusakan yang terdapat pada ruas Jalan Sorong-Klamono Km.35+800 s/d Km.36+050 yaitu 8 dengan urutan prioritas 4 yang menandakan bahwa ruas jalan Sorong-Klamono Km.35+800 s/d Km.36+050 harus dimasukkan dalam program pemeliharaan berkala
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022