cover
Contact Name
MUHAMMAD NUR FAJAR
Contact Email
muhammad.n.fajar53@gmail.com
Phone
+6285244139896
Journal Mail Official
iiqbale.12@gmail.com
Editorial Address
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG Jl. Pendidikan No. 27 Kota Sorong
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS)
ISSN : 29618479     EISSN : 29618479     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS) (e-ISSN 2961-8479) is a peer-reviewed scientific journal published by LPPM Muhammadiyah University of Sorong which is managed by the Civil Engineering Journal Management Team, Faculty of Engineering, University of Muhammadiyah Sorong. This journal is published twice a year, in July and January. The focus and scope of this journal are: Structural Engineering, Geotechnical Engineering, Transportation Engineering, Ocean Engineering, Water Resources Engineering, Construction Management and Building Materials and Structures
Articles 37 Documents
Studi Analisis Pengaruh Set-Back Pada Bangunan Bertingkat Akibat Gempa Jini Wahyu Nurfitri; Wilis Sutiono; Ertson S. M. Saragih; A. Didik S. Purwantoro4
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS) Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jimats.v1i1.1835

Abstract

Besarnya pengaruh set-back yang diakibatkan gaya gempa bergantung pada bermacam hal, salah satunya ialah loncatan bidang pada bangunan itu sendiri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh set-back terhadap struktur pada bangunan bertingkat dan untuk mengevaluasi kinerja struktur bangunan dengan set-back jika ditinjau berdasarkan displacement dan drift ratio. Pada penelitian ini, bangunan dimodelkan setinggi 7 lantai dengan elevasi ketinggian 28 m menggunakan program SAP 2000 yang juga digunakan untuk menganalisis gaya gempa dengan metode spektrum respon ragam. Pemodelan yang diteliti sebanyak 3 pemodelan yaitu bangunan tanpa set-back, bangunan set-back dengan loncatan bidang kedalam, dan bangunan set-back dengan loncatan bidang keluar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pengaruh bangunan bertingkat akibat set-back baik loncatan bidang kedalam maupun keluar memiliki drift ratio yang besar bila dibandingkan dengan model struktur gedung tanpa set-back. Untuk model struktur gedung tanpa set-back dan model set-back dengan loncatan bidang kedalam struktur gedungnya aman, sedangkan untuk model set-back dengan loncatan bidang keluar struktur gedungnya tidak aman karena melebihi nilai batas ijin displacement dan drift ratio.                                                       
Pengaruh Kapasitas Kendaraan Terhadap Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Kaku Oktaria margaretha Robi; Dwi Gontoro Sukowati; Faried Desembardi
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS) Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jimats.v1i1.1836

Abstract

Jalan yang terbebani oleh volume lalu lintas serta kendaraan yang berkapasitas berat akan menyebabkan terjadinya penurunan kualitas jalan. Yang mana jika kondisi jalan menurun maka jalan tidak lagi dapat memberikan rasa aman bagi pengguna prasana jalan. Pada ruas jalan Sorong-Klamono Km.35+800 s/d 36+050 Kabupaten Sorong, Papua Barat, mengalami penurunan kualitas jalan yang mengakibatkan kerusakan jalan. Dari kerusakan jalan tersebut Tujuan di lakukan analisis nilai muatan sumbu terberat (MST) dan nilai vehicle damage factor (VDF) untuk menentukan seberapa besar daya rusak jalan yang dilalui kendaraan berkapasitas berat. Nilai vehicle damage factor (VDF) berdasar pada Manual Perkerasan Jalan dengan alat Benkelman beam No. 01/MN/BM/83 dan kendaraan golongan 6 memiliki nilai tertinggi Equivalent Single Axle Load (ESAL) yaitu 12412.1162. Analisis kerusakan jalan dilakukan dengan menggunakan metode Bina Marga, Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh 5 jenis kerusakan yang terjadi di ruas Jalan Sorong Klamono Km.35+800 – Km.36+050 yaitu pelepasan butir, retak acak, retak melintang, retak memanjang, dan amblas. Nilai Kondisi kerusakan yang terdapat pada ruas Jalan Sorong-Klamono Km.35+800 s/d Km.36+050 yaitu 8 dengan urutan prioritas 4 yang menandakan bahwa ruas jalan Sorong-Klamono Km.35+800 s/d Km.36+050 harus dimasukkan dalam program pemeliharaan berkala
Pengaruh Temperatur Pada Campuran Aspal AC-WC Dengan Parameter Marshall-Test Syafitri Salsabilla Anggraini Irwansyah; Faried Desembardi; Dwi Guntoro Sukowati
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS) Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jimats.v1i1.1837

Abstract

Jalan merupakan prasarana infrastruktur dasar yang dibutuhkan manusia untuk dapat melakukan pergerakan dari suatu tempat ke tempat lainnya dalam hal pemenuhan kebutuhan. Kerusakan jalan dapat terjadi akibat proses pemadatan campuran aspal yang dilakukan dilapangan tidak pada temperature yang tepat karena terjadinya perubahan suhu, hal ini kerap terjadi pada saat proses pengangkutan campuran dari Asphalt Mixing Plant (AMP) ke lokasi penghamparan dan juga faktor cuaca. Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh temperature pada campuran Aphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) dengan parameter marshall dengan acuan pada spesifikasi Bina Marga 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan pengujian Laboratorium yang mencakup pengujian Gradasi, Abrasi, Berat Jenis, Marshall, Ekstraksi. Berdasarkan hasil pengujian nilai kadar aspal optimum yang digunakan yaitu kadar aspal 5,9%, setelah itu dilakukan pemadatan dengan suhu 150°C. Dari hasil pengujian marshall di laboratorium didapat nilai stabilitas yang diperoleh pada kadar aspal optimum tersebut adalah pada suhu 150°C sebesar 1,060 kg, nilai VMA sebesar 15,6%, nilai VIM sebesar 4%, nilai VFA sebesar 71,5%, nilai flow sebesar 3 mm dan nilai MQ sebesar 380,0 kg/mm.
Uji Kualitas Agregat Kelas A Sebagai Lapis Pondasi Atas Jalan Menggunakan Material Quarry Saoka Nona Fenny Matulessy; Faried Desembardi; Dwi Gontoro Sukowati
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS) Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jimats.v1i1.1838

Abstract

Agregat merupakan salah satu komponen utama dari struktur perkerasan jalan dan sangat berperan dalam menentukan mutu (kekuatan/ketahanan) dari jalan tersebut. Dari hasil pengamatan banyak kontruksi jalan yang mengalami kerusakan dan tidak mencapai waktu umur rencana yang telah ditentukan. Hal ini banyak penyebabnya, dan salah satu faktor tersebut adalah kualitas agregat lapis pondasi yang digunakan atau pemakaian material yang tidak sesuai spesifikasi yang telah ditentukan atau tidak layak dipakai, sehingga dapat menurunkan daya dukung dari jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas agregat yang digunakan pada jalan tersebut dengan identifikasi yang dilakukan dengan cara pengambilan material di quarry Saoka dan diuji perfraksi di laboratorium. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Bina Marga yang mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI). Berdasarkan hasil penelitian, pengujian sifat-sifat fisis agregat yang berasal dari quarry Saoka diperoleh hasil Abrasi 20.93%, Indeks Plastisitas 0, Batas Cair 0, gradasi optimum yang dibutuhkan batu pecah 2-3 50%, batu pecah 0,5-1  15%, Abu Batu 35% dan pengujian kekuatan atau daya dukung agregat dengan cara CBR diperoleh hasil Lapis Pondasi Kelas A dengan nilai CBR 100%  telah memenuhi standar spesifikasi yang telah ditetapkan oleh Kementrian Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga tahun 2018 revisi 2.
Pengaruh Stabilisasi Tanah Lempung Dengan Bahan Tambah Kapur Alam Terhadap Daya Dukung Tanah Agung Musdar; Rokhman; Achmad Rusdi
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS) Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jimats.v1i1.1839

Abstract

Tanah merupakan dasar dari suatu konstruksi, baik itu konstruksi bangunan maupun konstruksi jalan. Baik maupun buruknya suatu konstruksi dipengaruhi beberapa hal, salah satunya yaitu kondisi tanah sebagai dasar suatu konstruksi tersebut. Penelitian ini mencoba menganalisa besarnya pengaruh stabilisasi tanah lempung dengan bahan tambah kapur alam Ex Quarry Klawak Kabupaten Sorong terhadap nilai CBR. Telah dilakukan  penelitian sebelumnya mengenai tanah yang memiliki daya dukung rendah, yakni pada ruas jalan Petrochina KM 22 Kabupaten Sorong dengan cara stabilisasi tanah asli menggunakan campuran kapur di Laboratorium Mekanika Tanah Universitas Muhammadiyah Sorong. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh stabilisasi tanah lempung dengan menggunakan bahan tambah kapur alam terhadap daya dukung tanah. Namun perlu ada penelitian lebih lanjut agar tanah yang di teliti sebelumnya ini bisa ditingkatkan hasilnya. Penelitian dilakukan pada kondisi tanah asli dan setelah distabilisasi dengan kadar pencampuran kapur sebesar 4%, 6%, 8%, 10% dan 12% dengan waktu pemeraman yang ditentukan yaitu 3 hari. Pengujian ini dilakukan adalah pengujian CBR variasi campuran yang mengalami proses pemeraman. Hasil CBR yang dilakukan dengan penambahan kadar kapur serta adanya waktu pemeraman yang telah ditentukan dapat meningkatkan nilai CBR. Peningkatan nilai CBR yang terjadi didapatkan nilai rata – rata CBR tanah asli yaitu 45,80%. Setelah dilakukan pencampuran kapur alam menggunakan waktu pemeraman, CBR mengalami peningkatan dengan nilai rata – rata CBR tertinggi pada persentase kadar kapur 6% yaitu sebesar 57,99% dan persentase kadar  kapur terhadap nilai CBR  di dapat persentase kadar kapur optimum sebesar 7,8% yang akan mengahsilkan nilai CBR maksimum sebesar 56,65%.
Analisis Kinerja Dermaga Terhadap Pertumbuhan Pengguna Jasa Transportasi Laut Di Pelabuhan Rakyat Kota Sorong Eka Syaputra Albasri; Muhammad Rusmin; Marina Abriani Butudoka
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS) Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jimats.v1i1.1863

Abstract

Transportasi laut merupakan salah satu bagian dari system transportasi nasional yang merupakan   titik pergerakan barang atau penumpang. Saat ini aktifitas arus kunjungan kapal dan arus muat mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan di Kota Sorong yang semakin meningkat serta pengembangan di segala aspek tidak terkecuali pelabuhan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa kapasitas eksisting dermaga dan meprediksi kinerja dermaga pada jangka menengah (5 tahun mendatang) dan jangka panjang (10 tahun mendatang) serta melihat apakah dermaga butuh pengembangan untuk jangka menengah dan jangka panjang menggunakan metode regresi linier hasil analisa didapat proyeksi arus muat barang, Penumpang dan kunjungan kapal, serta mengacu pada peraturan UNCTAD. Dermaga Pelabuhan Rakyat Kota Sorong terdiri dari 2 dermaga yaitu panjang dermaga 1 adalah 95 meter dan panjang dermaga 2 adalah 50 meter   dengan lebar kedua dermaga itu    yaitu 8 meter.    Hasil analisa menunjukan bahwa kinerja eksisting dermaga dengan nilai BOR sebesar 64,5% sudah melebihi batas maksimum nilai BOR dari UNCTAD yaitu 50% untuk 2 tambatan, Namun untuk kapasitas tambat dermaga untuk dermaga 1 dengan ukuran kapal   terbesar   masih mampu menampung kapal tersebut sedangkan untuk dermaga 2 sudah tidak mampu menampung dengan ukuran kapal terbesar. Hasil analisa kinerja dermaga untuk jangka menengah di tahun 2025 nilai BOR sebesar 69,7% dan jangka panjang di tahun 2030 nilai BOR sebesar 71,6% nilai ini melebihi dari rekomendasi UNCTAD yaitu 50% untuk 2 tambatan. sehingga butuh pengembangan di  dermaga agar kinerja dermaga  bisa lebih optimal.
Studi Pemetaan Tingkat Kerusakan Jalan Akibat Air Genangan Pada Ruas Di Jalan Jendral Sudirman Di Kota Irwan; Asriadi; Mierta Dwangga; A. Didik S. Purwantoro
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS) Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jimats.v2i01.2212

Abstract

Pada Ruas Jalan Jendral Sudirman segmen 1 (depan SMA 3 Kota Sorong) dan Segmen 2 (Depan SPBU Jalan Baru) sering terjadi kerusakan jalan akibat genangan air yang sering terjadi pada badan jalan. Metode Penelitian ini di mulai dari pengumpulan data-data yang diperoleh dari lokasi penelitian dengan survei visual, Tahap 1 penelitian ini di mulai dari mengukur panjang jalan yang akan di teliti, Tahap 2 survei kerusakan yaitu untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan jalan dan mengukur jenis -jenis kerusakan jalan dan mengukur dimensi kerusakan jalan dan me dokumentasi segala jenis kerusakan jalan..Peneltian ini bertujuan untuk mitigasi tingkat kerusakan jalan akibat genangan air di kota sorong dan memberikan alternatif penanganan kerusakan jalan akibat genangan air. Alternatif penanganan kerusakan jalan di jalan Jendral Sudirman. Segmen 1 Alternatif penanganan kerusakan jalan pada segmen I di buat dalam modifikasi desain atau saluran resapan menggukan paving block. Segmen 2 perlu adanya perbaikan secara berkala untuk penanganan jalan yang rusak akibat genangan air.
Analisis Perbandingan Penulangan Dinding Geser Berdasarkan Tata Cara Sni 2847:2013 Dengan Sni 2847:2019, Studi Kasus: Hotel Vega Kota Sorong Vinsen Hukom; Wilis Sutiono; A. Didik S. Purwantoro; Muhammad Nur Fajar
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS) Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jimats.v2i01.2213

Abstract

Penggunaan dinding geser merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekakuan struktur dalam arah horizontal untuk menahan gaya-gaya lateral. Maka dari itu para insinyur dan ahli bangunan menggunakan berbagai cara untuk mengurangi gaya-gaya lateral tersebut. Salah satunya menggunakan perlakuan dinding geser pada konstruksi gedung. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan seberapa besar simpangan yang terjadi pada struktur saat terjadinya beban gempa. Dan selanjutnya mendapatkan perbandingan simpangan yang terjadi berdasarkan SNI 2847:2013 dengan SNI 2847:2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan pengamatan pada lokasi penelitian, pengumpulan data-data terkait penelitian, studi literatur yang sesuai dengan penelitian dan pemodelan struktur dengan bantuan SAP 2000 sebagai program analisis simpangan. Hasil yang didapat pada penelitian adalah lebih besar simpangan yang terjadi sebelum menggunakan dinding geser dibandingkan setelah menggunakan dinding geser. Persentasenya adalah kisaran 1 sampai 4 persen. Dan berdasarkan perbandingan SNI 2847:2013 dengan SNI 2847:2019 untuk penulangan dinding geser bahwa simpangan yang terjadi pada struktur lebih besar nilainya berdasarkan analisis SNI 2847:2019 yang disesuaikan dengan model dan penempatannya.
Tinjauan Kualitas Air Pada Sumber Mata Air Di Distrik Saoka Kelurahan Maladum Mes Sorong Barat Reza Iriansyah Tindige; Mierta Dwangga
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS) Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jimats.v2i01.2214

Abstract

Air merupakan sumber daya alam yang mempunyai fungsi sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya serta sebagai modal dasar dalam pembangunan. Di distrik Saoka kelurahan Maladum mes terdapat beberapa sumber mata air, Masyarakat di distrik Saoka kelurahan Maladum mes memakai mata air tersebut untuk kehidupan sehari-hari, seperti makan, minum, mandi dan kegiatan yang bersangkutan dengan air lainnya Namun sampai saat ini belum ada pengujian terhadap kualitas pada daerah tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air dan untuk mengetahui sistim pengolahan air yang efektif. Dalam pengujian ini menggunakan metode storet berdasarkan peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomer 32 tahun 2017.Setelah dilakukan perhitungan menggunakan metode storet hasil yang didapat adalah nol (0) hasil ini masuk dalam kelas A kategori baik sekali.Dari lima parameter yang diuji menujukan hasil bahwa mata air pada distrik Saoka kelurahan Maladum mes sorong barat masih memenuhi standar baku mutu yang digunakan penulis. Maka dapat di simpulkan air pada daerah tersebut bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari guna menunjang sarana dan prasarana daerah tersebut. namun perlu di lakukan penelitian lanjutan degan standar baku mutu air minum dan parameter yang lebih lengkap lagi terhadap daerah tersebut.
Perencanaan Sistem Jaringan Air Bersih Perumahan Arya Resident Kabupaten Sorong Ardiansya Yusuf; Hendrik Pristianto; Achmad Rusdi
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS) Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jimats.v2i01.2216

Abstract

Dalam kehidupan, air merupakan hal yang pokok bagi konsumsi manusia, tumbuh-tumbuhan, dan binatang, karena air adalah senyawa yang tidak tergantikan, pada saat ini di Perumahan KPR Arya Resident Kabupaten Sorong memerlukan jaringan air bersih untuk memenuhi kebutuhan air warga sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan penggunaan air bersih dan juga bertujuan untuk menganalisis sistem jaringan air bersih di Perumahan KPR Arya Resident Kabupaten Sorong. Pada penelitian ini untuk menghitung data jumlah penduduk menggunakan data jumlah sambungan rumah (SR) dimana total sambungan rumah 114 rumah, berdasarkan SNI 03-1733-2004, kebutuhan luas minimal dengan 4 orang dewasa adalah 36 m² atau 9 m² / jiwa, maka didapat jumlah penduduk yaitu 456 jiwa dengan kebutuhan air bersih per rumah yaitu 150 liter/penghuni/hari, sehingga didapat total kebutuhan air bersih 68400 liter/hari. Untuk menganlisis jaringan air bersih menggunakan software epanet 2.0 dimana didapat total panjang jaringan 2357,93 m, kecepatan aliran tertinggi di layanan yaitu 0,15 m/detik yang terdapat pada pipa utama yang terhubung dari reservoir, dan nilai pressure tertinggi adalah 50,93 m yang terdapat pada titik terendah dengan elevasi dari reservoir yaitu 57 m.

Page 1 of 4 | Total Record : 37