Jurnal Mutiara Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2025): Special Issue

Ekopedagogik dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Strategi untuk Mengembangkan Kesadaran Peduli Lingkungan

Gandana, Gilar (Unknown)
Elan (Unknown)
Nugraha, Dadan (Unknown)
Rahmat, Mohd Khairezan (Unknown)
Sianturi, Risbo (Unknown)
Huriyah, Fauziah Syarifatul (Unknown)
Fauzi, Rifki Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Ekopedagogik adalah pendekatan pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sejak usia dini. Dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini, ekopedagogik menjadi strategi penting untuk membentuk sikap dan perilaku ramah lingkungan pada anak-anak. Artikel ini mengeksplorasi berbagai strategi ekopedagogik yang dapat diterapkan dalam PAUD untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan. Strategi-strategi ini meliputi pengintegrasian materi lingkungan dalam kurikulum, pembelajaran berbasis proyek, dan aktivitas luar ruangan yang mendukung eksplorasi dan interaksi langsung dengan alam. Selain itu, peran pendidik dalam mencontohkan perilaku peduli lingkungan dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung juga dibahas. Melalui pendekatan ekopedagogik, anak-anak diharapkan dapat mengembangkan pemahaman tentang pentingnya menjaga lingkungan, serta keterampilan untuk berkontribusi dalam pelestarian alam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi ekopedagogik dalam PAUD tidak hanya membangun kesadaran lingkungan sejak dini, tetapi juga berpotensi membentuk generasi yang lebih bertanggung jawab dan aktif dalam menghadapi tantangan lingkungan di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mutiara Pendidikan (JMP) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti bidang anak usia dini, termasuk Pendidikan serta psikologis anak pada tahapan perkembangan ...