Penelitian Tindakan Kelas ini di latar belakangi oleh rendahnya kreativitas anak di TK Mutiara Hati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak kelompok B melalui pemanfaatan limbah organik dengan metode mengecap daun. Subyek yang di gunakan yaitu kelompok B sebanyak 13 orang. Metode pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi hasil karya.Teknik analisis data di lakukan secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini di lakukan melalui 3 siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,efleksi, dan observasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada siklus I pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas anak kelompok B menggunakan daun sirih dengan perolehan ketuntasan persentase sebesar 21,14% dengan kategori sangat kurang (SK),selanjutnya pada siklus II memperoleh ketuntasan persentase sebesar 53,83% dengan kategori masih kurang (K) walaupun ada peningkatan dan pada siklus III perolehan ketuntasan persentase sebesar 82,64%, dengan kategori sangat baik (SB). Perolehan persentase pada siklus III membuktikan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yaitu kreativitas anak mengalami peningkatan kurang lebih 80%. Hal ini menyimpulkan bahwa kreativitas anak di TK Mutiara Hati meningkat dengan baik.
Copyrights © 2025