Hasil analisis 8 media pembelajaran dari platform video TouTube menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis STEAM belum sepenuhnya diterapkan. Dari ke-8 media pembelajaran yang dianalisis semua media pembelajaran baru mengandung unsur science dan teknologi saja belum mengandung unsur engineering, art atau pun mathematics. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti di SDN 3 Surokonto Kulon bersama guru kelas IV dipeloreh iformasi bahwa kurangnya media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan guru dalam menyampaikan pembelajaran dan guru juga menggunkan metode pendekatan ceramah yang menyebabkan siswa cenderung kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Maka dari itu sekolah memerlukan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan STEAM yang praktis digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik, kevalidan dan kepraktisan terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis STEAM dalam pembelajaran IPAS kelas IV Gaya Di Sekitar Kita di SDN 3 Surokonto Kulon. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Produk media pembelajaran interaktif berbasis STEAM ini telah diimplementasikan dan diujikan di SDN 3 Surokonto Kulon. Media pembelajaran interaktif berbasis STEAM memperoleh hasil validasi materi sebesar 92,5% dengan kriteria sangat layak dan hasil validasi media pembelajaran sebesar 92,29% dengan kriteria sangat layak. Hasil angket respon guru memperoleh persentase nilai 89,09% dengan kriteria sangat praktis dan hasil angket respon siswa memperoleh persentase nilai 91,2% dengan kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Interaktif berbasis STEAM pada materi gaya di sekitar kita valid dan layak digunakan dikelas IV SD
Copyrights © 2025