Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Daur Hidup Hewan pada siswa kelas III SD Negeri 3 Sirau. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas III SD Negeri 3 Sirau. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Keaktifan belajar meningkat dari 57,7% (cukup aktif) pada observasi awal menjadi 82% (sangat aktif) pada siklus II. Sementara hasil belajar meningkat dari rata-rata 66,75 dengan ketuntasan 33,25% pada observasi awal menjadi rata-rata 82 dengan ketuntasan 85% pada siklus II. Dengan demikian, media video pembelajaran efektif digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa
Copyrights © 2025