Jurnal Literasiologi
Vol 13 No 1 (2025): Jurnal Literasiologi

STRATEGI INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA DIGITAL: ANALISIS EFEKTIVITAS DAN TANTANGAN DI MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI

Suparno, Suparno (Unknown)
Kusairi, Kusairi (Unknown)
M.Ridwan, M.Ridwan (Unknown)
Fahrizal, Fahrizal (Unknown)
Zuailan, Zuailan (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di era digital mengalami transformasi signifikan dengan munculnya berbagai teknologi inovatif. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis strategi inovatif dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, serta mengevaluasi efektivitas dan tantangan implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi, seperti aplikasi pembelajaran, Learning Management System (LMS), dan media sosial, dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Namun, tantangan seperti keterbatasan akses teknologi, kesiapan guru, dan hambatan dalam interaksi tatap muka menjadi kendala utama dalam implementasi strategi ini. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan intensif bagi guru serta kebijakan pendidikan yang lebih adaptif dalam mendukung digitalisasi pembelajaran Bahasa Arab.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...