Aplikasi Kimia Farma Mobile yang dimiliki PT. Kimia Farma Apotek belum terlalu diketahui konsumen, belum disadari dan tidak banyak yang menggunakan meskipun sudah mendownloadnya. Aplikasi tersebut sudah ada sejak tahun 2020 dan diharapkan menjadi platform andalan perusahaan tersebut dalam memberikan layanan kefarmasian khususnya pemenuhan kebutuhan obat-obatan dan produk kesehatan lainnya. Tujuan penelitian ingin melihat pengaruh langsung dan tidak langsung brand image, brand awareness dan brand trust aplikasi tersebut serta dampaknya terhadap keputusan pembelian dan loyalitas konsumen. Metode yang digunakan adalah analisa deskriptif, dan analisis kuantitatif deskriptif menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan software SmartPLS. Hasilnya Brand Awareness (ρ 0.278, t-statistik 3.225, p-value 0.001<0.05), Brand Image (ρ 0.341, t-statistik 3.955, p-value 0.000<0.05) dan Brand Trust (ρ 0.356, t-statistik 4.220, p-value 0.000<0.05) aplikasi Kimia Farma Mobile secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk keputusan pembelian (ρ 0.944, t-statistik 52.561, p-value 0.000<0.05) secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dan untuk pengaruh tidak langsung melalui variable intervening keputusan pembelian brand awareness (ρ 0944, t-statistik 52.561, p-value 0.000<0.05), brand image (ρ 0.318, t-statistik 4.005, p-value 0.000<0.05) dan brand trust (ρ 0.322, t-statistik 4.202, p-value 0.000<0.05) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen.
Copyrights © 2024