Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah melalui aplikasi multimedia PowerPoint pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Inayah Sahra Desa Lawewe Luwu Utara. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Inayah Sahra Desa Lawewe Luwu Utara yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan dokumentasi. Pada kondisi awal menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah sangat rendah. Hal ini dapat dilihat pada hasil pra siklus kemampuan anak dalam mengenal huruf hijiyah yaitu 58% kategori belum berkembang dan 42% kategori mulai berkembang. Pada siklus I, Kategori Belum Berkembang 16,7%, Kategori Mulai Berkembang 42%, Berkembang Sesuai Harapan 33,2% dan Kategori Berkembang Sangat Baik 8,3%. Pada siklus II, terdapat 2 anak atau 16,7% yang berada dalam Kategori Berkembang Sesuai Harapan dan 83,3% anak berada dalam Kategori Berkembang Sangat Baik dengan skor persentase rata-rata keseluruhan sebesar 93,7%. Berdasarkan data tersebut, terlihat bahwa penggunaan aplikasi PowerPoint multimedia interaktif dinyatakan berhasil pada tahap siklus II.
Copyrights © 2024