Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Multimedia Interaktif Aplikasi Powerpoint

Annisya, Nur (Unknown)
Ramli, Syamsul Alam (Unknown)
Yusuf, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah melalui aplikasi multimedia PowerPoint pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Inayah Sahra Desa Lawewe Luwu Utara. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Inayah Sahra Desa Lawewe Luwu Utara yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan dokumentasi. Pada kondisi awal menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah sangat rendah. Hal ini dapat dilihat pada hasil pra siklus kemampuan anak dalam mengenal huruf hijiyah yaitu 58% kategori belum berkembang dan 42% kategori mulai berkembang. Pada siklus I, Kategori Belum Berkembang 16,7%, Kategori Mulai Berkembang 42%, Berkembang Sesuai Harapan 33,2% dan Kategori Berkembang Sangat Baik 8,3%. Pada siklus II, terdapat 2 anak atau 16,7% yang berada dalam Kategori Berkembang Sesuai Harapan dan 83,3% anak berada dalam Kategori Berkembang Sangat Baik dengan skor persentase rata-rata keseluruhan sebesar 93,7%. Berdasarkan data tersebut, terlihat bahwa penggunaan aplikasi PowerPoint multimedia interaktif dinyatakan berhasil pada tahap siklus II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia berfokus pada pengembangan teori dan praktik dalam pendidikan anak usia dini. Cakupan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia mencakup berbagai aspek yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini serta inovasi pembelajaran pada ...