Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan
Vol 1 No 1 (2015): Edisi Vol. 1 No. 1 Mei

PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI MODEL ALBERTA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR

Ricki Yuliardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan representasimatematis siswa yang belajar menggunakan Metode Inkuiri Model Alberta lebih baikdaripada siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran matematika biasadan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan representasi matematissiswa yang belajar menggunakan Metode Inkuiri Model Alberta lebih baik daripadasiswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran matematika biasa. Metodepenelitian yang dipilih adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompokkontrol non-ekuivalen (non equivalent control group design). Pada desain eksperimenini terdapat dua kelompok sampel, adanya pretest, perlakuan yang berbeda danadanya posttest. Sampel pada kelompok pertama merupakan kelas eksperimen yangmenggunakan pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Sementara itu kelompok keduasebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran menggunakan pembelajaranbiasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematissiswa yang menggunakan pembelajaran Inkuiri Model Alberta lebih baik daripadasiswa yang menggunakan pembelajaran biasa dan peningkatan kemampuanrepresentasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Inkuiri Model Albertalebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JUMLAHKU: the scientific mathematics journal Universitas Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics ...