Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan
Vol 5 No 1 (2019): Edisi Vol. 5 No. 1 Mei

Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Pendekatan PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Matematika

Atin Saeputri (universitas kristen satya wacana)
Sutriyono Sutriyono (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, UKSW)
Fika Widya Pratama (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, UKSW)



Article Info

Publish Date
23 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan PAIKEM terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimen dengan desain The Randomized Control Group Pretest-Post Test Desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII C (kelas kontrol) dan VIII D (kelas eksperimen) SMP Negeri 2 Tuntang pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Penelitian dilaksanakan dalam pembelajaran matematika pada materi Pola Bilangan. Pada penelitian ini adalah tes essay kemudian dilakukan Uji normalitas dengan metode kolmogorov- smirnov dan Shapiro-Wilk serta menggunakan uji mann whitney U. Keseluruhan uji menggunakan SPSS versi 16 dengan taraf signifikan sebesar 5%. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji mann whitney diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 (kurang dari 0,05) maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan PAIKEM terhadap hail belajar matematika kelas VIII di SMP N 2 Tuntang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JUMLAHKU: the scientific mathematics journal Universitas Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics ...