Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan
Vol 8 No 2 (2022): JUMLAHKU VOL.8 NO.2 2022

PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Sari Sari (STKIP Singkawang)
Rika Wahyuni (STKIP Singkawang)
Nindy Citroresmi Prihatiningtyas (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara kelas yang diterapkan model experiential learning berbasis etnomatematika dengan kelas yang diterapkan model pembelajaran langsung pada materi bangun ruang sisi datar MTs Al-Fatah Singkawang, (2) Mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa ketika diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model experiential learning berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar, (3) Mengetahui bagaimana minat belajar siswa terhdap pembelajaran matematika dengan menggunakan model experiential learning berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model experiential learning berbasis etnomatematika. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Fatah Singkawang pada siswa kelas VIII. Instumen pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model experiential learning berbasis etnomatematika dengan model pembelajaran langsung pada materi bangun ruang sisi datar, (2) Aktivitas belajar siswa tergolong aktif sesudah diterapkannya pembelajaran model experiential learning berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar di MTs Al-Fatah Singkawang, (3) Minat belajar siswa tergolong tinggi jika diterapkannya model experiential learning berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar di MTs Al-Fatah Singkawang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JUMLAHKU: the scientific mathematics journal Universitas Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics ...