Salah satu upaya meningkatkan prestasi belajar Bahasa indonesia siswa kelas IV SDN 093 Rantedanga adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui intervensi yang sistematis dan terukur dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Rancangan penelitian menggunakan eksperimen pretest-posttest control group design. Populasinya siswa kelas IV SDN 093 Rantedanga Desa Tirobali Kecamatan Seko. Metode pengumpulan data melalui tes, sebelum perlakuan tiap kelompok diberi pretes dan setelah perlakuan diberi postes. Dari hasil analisis membuktikankan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar Bahasa indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif model Jigsaw. Diperoleh juga perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif model jigsaw. Dari hasil analisis penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran yang terbaik adalah pembelajaran kooperatif model jigsaw.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025