Al-Wihdah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 2 (2024): Al-Wihdah: Jurnal Pendidikan Islam

PENGARUH MEDIA CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PAI DI KELAS X TKJ 1

Muh. Sabilar Rosyad (Unknown)
Nabila Yahya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media Canva terhadap minat belajar siswa Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas X TKJ 1. Media Canva dipilih karena kemampuannya dalam membuat materi pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa, yaitu 87,5%, Setuju dan Sangat Setuju dengan penggunaan media Canva, yang menunjukkan efektivitasnya dalam meningkatkan minat belajar. Namun, 12,5% siswa Tidak Setuju, yang menunjukkan adanya perbedaan preferensi individu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media Canva memberikan pengaruh positif terhadap minat belajar siswa PAI, namun perhatian perlu diberikan kepada preferensi belajar siswa yang berbeda. Penelitian ini menyarankan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Canva untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Kata Kunci: Media Canva, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alwihdah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

The focus and scope of the Al-Widah: Jurnal Pendidikan Islam (Jurnal of Islamic Education) is theory and practice of Islamic education, Islamic education curriculum development, and Islamic learning ...