Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi penting pada pembentukan perkembangan holistik yang mencakup aspek kognitif, sosial emosional dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan holistik anak usia 5-6 tahun di RA Darul Uluum melalui penerapan modul ajar tematik. Fokus penelitian meliputi aspek nilai agama dan budi pekerti, jati diri, serta dasar literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa, dan seni. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan observasi dan wawancara kepada guru dan orang tua anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis tema, seperti Diriku, Kendaraan Air, dan Negaraku, berhasil meningkatkan perkembangan anak secara menyeluruh, baik kognitif, sosial-emosional, maupun spiritual. Selain itu, modul ini memfasilitasi pembelajaran aktif melalui permainan, eksplorasi, dan kolaborasi, yang dapat menumbuhkan kreativitas serta kecakapan sosial anak. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan modul ajar yang lebih adaptif untuk kebutuhan individu anak.
Copyrights © 2025