Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 9 Padangsidimpuan.sample penelitian diperoleh dengan menggunakan tekhnik simple random sampling yaitu kelas VIII-2 SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis one group pretest posttest design. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan keterampilan guru dengan menggunakan instrument tes berupa pretest dan posttest untuk siswa. Kemudian data penelitian ini dianalisis dengan statistic deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) di kelas VIII-2 SMP N 9 Padangsidimpuan memperoleh nilai rata-rata 3,2. Maka nilai tersebut berada pada kategori “sangat baik”.Gambaran kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII-2 SMP N 9 Padangsidimpuan sebelum menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) diperoleh nilai rata-rata 54 berada pada kategori “kurang”, dan nilai tes akhir (posttest) diperoleh nilai rata-rata 81 berada pada kategori “sangat baik”.Penggunaan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII-2 SMP N 9 Padangsidimpuan dapat dilihat dari lembar observasi sebesar 3,2 berada pada kategori “sangat baik”
Copyrights © 2025