JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 8 No 1 (2025): JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) Maret 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Safitri, Dita Indah Dwi (Unknown)
Hulukati, Evi (Unknown)
Bito, Nursiya (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah guna meneliti bagaimana model pembelajaran Problem Based Learning mempengaruhi kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aljabar kelas VII SMP Negeri 1 Kabila. Penelitian ini berlangsung selama bulan November-Desember semester ganjil 2024/2025. Kajian ini menggunakan metode eksperimen yang mencakup 2 kelas yaitu kelas eksperimen serta kelas kontrol. Simple random sampling digunakan dalam memilih sampel. Penelitian ini menerapkan Pretest-Posttest Control Grup Design. Data dikumpulkan berupa tes tertulis dengan pre-test juga post-test. Hasil penelitian memperlihatkan bawa hasil sebesar 2,063 serta 2,010 dalam taraf signifikansi karena sehingga tolak dan terima . Maka bisa disimpulkan model pembelajaran Problem Based Learning mempengaruhi kemampuan penalaran matematis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...