Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru terhadap perkembangan motoric anak usia dini dalam pembelajaran di outdoor. Metode penelitian ini adalah menggunakan kualitatif deskriptif. Adapun informan penelitian adalah guru TK Khalifah Kecil yang berjumlah lima orang meliputi guru TK kelas A (anak usia 4-5 tahun) berjumlah 3 orang dan guru TK kelas B (anak usia 5-6 tahun) berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah menguasai peran guru terhadap perkembangan motoric kasar anak usia dini dalam pembelajaran di outdoor. peran guru sangat penting dalam memaksimalkan perkembangan motorik kasar anak usia dini melalui pembelajaran outdoor di TK Khalifah Kecil Sunter Jakarta Utara. Guru berperan sebagai fasilitator yang menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan, pembimbing yang mengarahkan anak dalam setiap aktivitas, komunikator yang membangun hubungan baik dengan anak, motivator yang memberikan semangat dan apresiasi kepada anak, serta evaluator yang mengamati dan mengevaluasi perkembangan motorik kasar anak. Kegiatan outdoor.akan tetapi, proses ini tidak terlepas dari tantangan, seperti keterbatasan biaya, sarana prasarana yang kurang memadai, dan kondisi lingkungan yang kurang ideal.
Copyrights © 2025