Studi ini mengeksplorasi pengalaman calon guru bahasa Inggris selama praktikmengajar (PPL B) dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan proses pembelajaran,dengan fokus pada perannya dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs),khususnya dalam Pendidikan Berkualitas. Dengan menggunakan metode naratif, studi inimenggali cerita-cerita dari mahasiswa yang telah mengintegrasikan teknologi dalam kelasmereka. Cerita-cerita ini diperoleh dari wawancara mendalam dan kerangka naratif terhadapseorang mahasiswa calon guru yang mengajar bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah Atas.Hasil temuan menunjukkan bahwa Quizizz adalah jenis teknologi yang digunakan olehmahasiswa tersebut dalam mengajar bahasa Inggris. Teknologi ini dapat mendorong lingkunganbelajar yang lebih interaktif dan inklusif bagi siswa di kelas bahasa Inggris sehingga tujuanpengajaran dapat tercapai dengan sukses. Karena siswa sudah terbiasa menggunakan teknologi,terutama smartphone, maka tidak banyak hambatan dalam penerapan teknologi ini, dan siswa punbersedia menggunakan data seluler mereka untuk mengakses Quizizz di kelas tanpa perlumenggunakan wifi sekolah. Selain itu, siswa sangat antusias dan aktif dalam menggunakanQuizizz selama pelajaran. Oleh karena itu, studi ini memberikan rekomendasi untukmeningkatkan integrasi teknologi dalam pendidikan dan berkontribusi pada wacana tentangbagaimana inovasi digital dapat mendukung tujuan pendidikan untuk generasi Z
Copyrights © 2024