Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan comic AI sebagai media pembelajaran yang dapat memantik literasi argumentatif siswa kelas XI SMA Widyagama Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-A SMA Widyagama Malang. Data penelitian ini berupa aktivitas siswa selama pembelajaran serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran teks argumentasi. Pengumpulan data  penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, teks tertulis dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan comic AI berbasis kearifan lokal sebagai media pembelajaran teks argumentasi siswa secara efektif dapat memantik literasi argumentatif siswa.This study aims to describe the implementation of comic AI as a learning media that can stimulate argumentative literacy among the eleventh-grade students of SMA Widyagama Malang. This research is descriptive in nature with a qualitative approach. The subjects of this study are the students of class XI-A at SMA Widyagama Malang. The data of this research include student activities during the learning process and student learning outcomes in argumentative text lessons. Data collection techniques used in this study are observation, written texts, and documentation. Data analysis was conducted using qualitative descriptive analysis with several stages: data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the implementation of locally wisdom-based comic AI as a learning media for argumentative texts is effective in stimulating students' argumentative literacy.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024