Penelitian ini dilatarbelakangi program Kampus Mengajar khususnya angkatan 6 dan 7. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sudut pandang guru mengenai peran program Kampus Mengajar terhadap literasi dan numerasi siswa di sekolah dasar. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan desain studi fenomenologi dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi didampingi validasi data berupa teknik triangulasi data. Partisipan yang terlibat diantaranya 12 orang, diantaranya delapan guru dan empat kepala sekolah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan setelah adanya program Kampus Mengajar. Kegiatan literasi mengalami peningkatan setelah adanya program Kampus Mengajar. Transformasi numerasi mengalami peningkatan yang dikonfirmasi oleh 6 dari 8 guru yang bisa disebut 75% partisipan setuju dalam hal tersebut. Faktor keberhasilan pelaksanaan program dapat dilihat dari dukungan integrasi sekolah penempatan. Adapun tantangan atau faktor penghambat keberhasilan program diantaranya persiapan mahasiswa, komunikasi, dan persiapan. Penelitian ini memberikan implikasi positif terhadap literasi dan numerasi serta berbagai inovasi pembelajaran yang diperlukan saat ini.
Copyrights © 2025