JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Pembelajaran Time Token Arends di Kelas IV UPTD SDN 01 Suayan

Basariko, Haisah (Unknown)
Fauzana Azima, Nana (Unknown)
Suriani, Ari (Unknown)
Muhammadi, Muhammadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan kegiatan berbicara dalam pembelajaran yang berdampak pada rendahnya keterampilan berbicara peserta didik di kelas IV UPTD SD N 01 Suayan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksaan dan peningkatan keterampilan berbicara menggunakan model Time Token Arends. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertermuan dan siklus II terdiri atas 1 pertemuan. Pada setiap siklus ini meliputi empat tahapan, di antaranya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil observasi pada tanggal 7 dan 14 Oktober 2024 dari permasalahan diatas berdampak pada hasil belajar peserta didik, yang terdiri dari 21 orang peserta didik yang terdiri dari 10 perempuan dan 11 laki-laki. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan siklus 1 modul ajar dengan rata-rata 82,81% dengan kriteria baik (B) meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 96,87 dengan kriteria sangat baik (SB). Pelaksanaan proses pembelajaran pada aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 79,16% dengan kriteria cukup (C) meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 97,91% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek siswa siklus I memperoleh rata-rata 76,04% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 95,83% dengan kriteria sangat baik (SB). Hasil keterampilan berbicara siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 68,8% dengan kriteria kurang dan meninkat pada siklus II yaitu memperoleh rata-rata 91,06% dengan kriteria sangat baik (SB). Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan model Time Token Arends dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...