JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Penguasaan Kosakata Dan Kebiasaan Membaca Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris (Survey Pada Smp Negeri Di Jakarta Utara)

Lestari, Noviana (Unknown)
Pujiani, Lilik (Unknown)
Agustin, Lisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh penguasaan kosakata dan kebiasaan membaca terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris SMP Negeri di Jakarta Utara. Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris SMP Negeri di Jakarta Utara. Pengaruh kebiasaan membaca terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris SMP Negeri di Jakarta Utara. Jumlah populasi adalah 542 siswa dari kedua sekolah yang merupakan siswa kelas delapan (VIII) Sekolah Menengah Pertama Negeri. Sampel penelitian ini berjumlah 54 siswa yang diperoleh dengan menggunakan rumus Arikunto. Metode penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif dengan menggunakan beberapa sampel dari jumlah populasi dan menggunakan instrumen tes untuk pengumpulan data. Uji hipotesis menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh penguasaan kosakata dan kebiasaan membaca terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Jakarta Utara. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. 0.000 < 0.05 dan Fhitung = 22,346. Kedua variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 46,7% terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa. Terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan kosakata terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa di SMP Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0.000 < 0.05 dan thitung = 3,867. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa di SMP Negeri di Jakarta Utara. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. = 0.001 < 0.05 dan thitung= 3,376.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...