Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh penguasaan kosakata dan kebiasaan membaca terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris SMP Negeri di Jakarta Utara. Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris SMP Negeri di Jakarta Utara. Pengaruh kebiasaan membaca terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris SMP Negeri di Jakarta Utara. Jumlah populasi adalah 542 siswa dari kedua sekolah yang merupakan siswa kelas delapan (VIII) Sekolah Menengah Pertama Negeri. Sampel penelitian ini berjumlah 54 siswa yang diperoleh dengan menggunakan rumus Arikunto. Metode penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif dengan menggunakan beberapa sampel dari jumlah populasi dan menggunakan instrumen tes untuk pengumpulan data. Uji hipotesis menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh penguasaan kosakata dan kebiasaan membaca terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Jakarta Utara. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. 0.000 < 0.05 dan Fhitung = 22,346. Kedua variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 46,7% terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa. Terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan kosakata terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa di SMP Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0.000 < 0.05 dan thitung = 3,867. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa di SMP Negeri di Jakarta Utara. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. = 0.001 < 0.05 dan thitung= 3,376.
Copyrights © 2025