JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Studi Kuantitatif: Peran Media Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Kaukubun, Rafdi (Unknown)
Rustina, Evada (Unknown)
Cahyaningrum, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2025

Abstract

Penggunaan multimedia daring untuk meningkatkan ketrampilan Bahasa Inggris semakin berkembang. Ketrampilan Bahasa Inggris dalam menunjang Pendidikan dan karir sangat penting bagi para cadet yang sedang menempuh Pendidikan Kemaritiman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas peran media pembelajaran daring Film, Duolingo, dan saluran BBC Youtube dalam peningkatan English skills. Penelitian pada 40 cadet ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode TOPSIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Duolingo merupakan media pembelajaran daring paling efektif dalam meningkatkan ketrampilan Bahasa Inggris secara komprehensif, serta dapat memotivasi cadet karena memiliki pengalaman belajar menyenangkan. Selain itu aksesibilitas Duolingo mudah dan dapat dipersonalisasi pengguna masing-masing. Pihak Perguruan Tinggi dapat mengintegrasi media pembelajaran daring dengan program pembelajaran holistik guna memastikan cadet memiliki keterampilan bahasa seimbang dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja kemaritiman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...