Penelitian ini mendeskripsikan penerapan fungsi manajemen dalam pengelolaan sarana praktik siswa pada Konsentrasi Keahlian Teknik Konstruksi dan Perumahan di SMK Negeri 4 Jakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan sarana praktik dilakukan dengan analisis kebutuhan berbasis kurikulum dan standar nasional, serta koordinasi yang baik antar pihak terkait. Pengorganisasian sudah mencakup pembagian tugas yang jelas, namun tantangan dalam pengawasan dan kedisiplinan pengembalian alat masih ada. Pelaksanaan berjalan baik, meskipun pengawasan dan kedisiplinan perlu perbaikan. Pengawasan bersifat reaktif dan perlu pendekatan lebih proaktif. Disarankan untuk meningkatkan pengawasan, menetapkan toolman tetap, memberikan pelatihan lebih lanjut, dan mengembangkan sistem evaluasi lebih terperinci untuk meningkatkan efisiensi dan keteraturan pengelolaan sarana praktik.
Copyrights © 2025