JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Keterampilan Membaca Berbasis Metode SQ3R Pada Siswa Kelas VII di MTs Al-Jumhuriyah

Nasution, Mardiah Hasanah (Unknown)
Arianti, Rita (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII di MTs Al-Jumhuriyah melalui penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data diperoleh secara kualitatif dan kuantitatif Subjek penelitian ini guru dan siswa kelas VII di MTs Al-Jumhuriyah dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SQ3R efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...