JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Mood State Dalam Pembelajaran PJOK SMP Negeri 2 Ploso

Asokawati, Aisyah Putri (Unknown)
Prakoso, Bayu Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Peserta didik yang malas dan kurang bersemangat merupakan tanda dari rendahnya mood state peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap mood state perserta didik di SMP Negeri 2 Ploso. Penelitian ini merupakan penelitian dengan eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Matchin-Only Design, dari populasi kelas VII SMP Negeri 2 Ploso dilakukan pencocokkan (matching) untuk mendapatkan sampel ditempatkan pada kelompok kontrol atau kelompok eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan variabel terikat pada penelitian ini adalah mood state peserta didik. Data hasil kuesioner mood state peserta didik diambil dari 2 kali pertemuan kelompok kontrol maupun eksperimen. Analisis data pada kelompok eksperimen menggunakan uji non parametrik jenis Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran TGT dengan hasil nilai Sig 0.002 < 0,05 dan besar pengaruh pada model pembelajaran TGT sebesar 33.35%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...