JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Customer Segmentation in E-Commerce Using the RFM Model: A Case Study of E-Commerce Transaction Data (January 2009 – December 2011) From Kaggle

Olivia, Olivia (Unknown)
Heikal, Jerry (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini menyelidiki segmentasi klien dalam e-commerce melalui model Recency, Frequency, and Monetary (RFM) untuk meningkatkan teknik pemasaran dan meningkatkan retensi pelanggan. Kumpulan data transaksi e-commerce dari Kaggle (Januari 2009 – Desember 2011) diperiksa menggunakan metodologi penilaian dan pengelompokan RFM. Pelanggan dikategorikan ke dalam divisi seperti Brand Royalty, Rising Stars, dan Vanishing Buyers. Hasilnya menunjukkan bahwa pelanggan dengan frekuensi tinggi dan pengeluaran tinggi secara substansial meningkatkan pendapatan, tetapi konsumen yang tidak terlibat memerlukan taktik keterlibatan ulang. Penelitian ini menganjurkan strategi pemasaran yang disesuaikan, analisis prediktif, dan program loyalitas untuk meningkatkan retensi klien. Studi selanjutnya harus menggunakan pembelajaran mesin untuk meningkatkan akurasi segmentasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...