Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2021): Februari

Pendampingan Penguatan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur'an Melalui Metode Ummi di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Mubtadiin Nangger Sreseh Sampang

Arifin , Samsul (Unknown)
Afif , Moh. (Unknown)
Rusli, Imam (Unknown)
Abidin, Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2021

Abstract

Metode merupakan salah satu komponen pembelajaran yang menentukan berhasil atau tidaknya materi pelajaran yang disampaikan kepada siswa. Metode Ummi bukan sekedar metode namun membangun sistem mutu di lembaga pendidikan. Kalau hanya membuat buku metode belajar al-Qur’an dan cara mengajarkannya mungkin banyak orang bisa melakukannya. Namun bagaimana mengawal implementasikan metode tersebut di sekolah sehingga proses pembelajaran berjalan sesuai standar dan hasilnya optimal. Ada target yang jelas dan terukur dari ketercapaian tiap tahap sehingga mudah dievaluasi ketuntasannya. Metode Ummi merupakan salah satu metode pembelajaran membaca Al-Qur’an yang sudah banyak berkembang di Indonesia. Metode Ummi lahir diilhami dari metode-metode pembelajaran membaca Al-Qur’an yang sudah ada dan tersebar di kalangan masyarakat, khususnya dari metode yang telah sukses mengantarkan banyak siswa yang sudah dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Metode Ummi adalah salah satu metode membaca Al-Qur’an yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

khidmah

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Humanities Astronomy Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dikelola oleh lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam (IAI) Nazhatut Thullab Sampang yang terbit dalam satu tahun dua kali pada bulan September dan Februari. Fokus dan scope adalah kajian pengembangan dan ...