Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran barusil, untuk membantu siswa agar lebih mudah memahami materi bangun ruang sisi lengkung pada mata pelajaran matematika kelas IX di SMP Negeri 2 Cisauk. Metode penelitian yaitu R & D berdasarkan model Hannafin & Peck, dengan 3 tahap yaitu: tahap analisis kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi dan angket. Subjek penelitian 25 orang siswa kelas IX SMP Negeri 2 Cisauk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video pembelajaran barusil yang dikembangkan sangat cocok digunakan sebagai media dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi lengkung. Nilai rata-rata validasi ahli materi sebesar 90% tergolong sangat layak, sedangkan nilai rata-rata validasi pakar media sebesar 89%, dikatakan sangat layak. Hasil penggunaan media video pembelajaran barusil mendapat respon positif dari siswa, dengan rata-rata tingkat skor 82% menunjukkan sangat layak. Jadi media video pembelajaran barusil yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran.Kata kunci: Media Pembelajaran, Pembelajaran, Pembelajaran Barusil, Video, Video Barusil
Copyrights © 2025