Permasalahan gaya mengajar dosen tadris matematika yang masih fokus pada capaian mata kuliah tanpa mempertimbangkan aspek interaksi dengan mahasiswa, penggunaan teknologi yang mendukung untuk perkuliahan, dan kesesuaian gaya mengajar dengan kebutuhan mahasiswa telah diidentifikasi. Hal ini merupakan suatu aspek yang penting untuk kelancaran dan keberhasilan perkuliahan yang berlangsung. Diharapkan dengan adanya evaluasi terhadap gaya mengajar dapat meningkatkan kualitas dari dosen-dosen matematika di tadris matematika salah satu universitas di Kota Jambi. Persepsi mahasiswa terhadap gaya mengajar dosen tadris matematika pada pelaksanaan perkuliahan itulah yang menjadi pembahasan pada penelitian ini. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan mendeskriptifkan hasil dari temuan di lapangan. Sesuai dengan hasil Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa pada perkuliahan yang mereka alami, maka dapat dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pengajaran dosen tadris matematika dalam kategori cukup, tetapi hal ini tidak mendeskripsikan secara terperinci bagaimana gaya dosen mengajar, sudah berapa lama, dan variasi apa saja yang digunakan. Penelitian ini menganalisis persepsi mahasiswa terhadap aspekaspek yang mendukung proses perkuliahan oleh gaya mengajar dosen. Subjek pada penelitian ini adalah sebanyak 60 mahasiswa yang dilihat persepsinya terhadap 20 dosen tadris matematika. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa dosen yang mengajar antara 2 hingga 5 tahun memiliki persentase yang tinggi terhadap gaya mengajar yang menggunakan teknologi, variasi dalam mengajar, perkuliahan yang menggunakan media, dan dosen tersebut menggunakan bahan ajar yang bervariasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dosen yang yang masa mengajar 5 tahun memiliki gaya mengajar yang lebih efektif dan sesuai dengan gaya belajar mahasiswa.
Copyrights © 2024