Batik Bekasi merupakan warisan budaya yang perlu dilestarikan, namun situasinya saat ini awareness pada Batik Kota Bekasi belum maksimal dikarenakan belum menggunakan media digital dalam mempromosikan Batik. Kota Bekasi memiliki Komunitas Batik Kota Bekasi (KOMBAS) yang merupakan wadah para pengrajin dan pengusaha UMKM Batik untuk mengembangkan Batik dan meningkatkan perekonomian. Urgensi dari permasalahan mitra adalah belum adanya penggunaan media digital yang bisa digunakan dalam mempromosikan dan mengedukasi masyarakat mengenai batik. Kegiatan pengabdian masyarakat yang digunakan adalah melalui pembuatan video interaktif yang digunakan pada monitor Kiosk dan juga media sosial Youtube dengan melalui tiga tahapan produksi yaitu pra-produksi, produksi dan tahapan pasca-produksi. Hasil evaluasi dari pembuatan video interaktif pada viewers yang terdapat pada Monitor Kiosk sebanyak 481 viewers dan pada media sosial Youtube sebanyak 126 viewers. Melalui pembuatan dari video interaktif ini bisa meningkatkan awareness batik dan promosi budaya Bekasi karena video interaktif yang dimasukkan dalam Monitor Kiosk dan juga Media Sosial Youtube terus dilanjutkan untuk digunakan oleh mitra dalam berbagai pameran batik.
Copyrights © 2024