PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Vol 8, No 2 (2024): Volume 8 Nomor 2 Oktober 2024

Pengembangan E-modul Interaktif Larutan Penyangga Berbasis Guided Discovery Learning untuk Fase F SMA

Ramayanti, Nofia (Unknown)
Yerimadesi, Yerimadesi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan dalam mengembangkan e-modul interaktif larutan penyangga berbasis guided discovery learning untuk fase F SMA dan menganalisis validitas dan praktikalitas e-modul. Penelitian ini termasuk penelitian education design research yang menggunakan model Plomp. Penelitian ini dibatasi pada tahapan prototyping phase yaitu uji small group. Uji validitas e-modul melibatkan tiga dosen kimia FMIPA UNP dan dua guru kimia SMAN 10. Pada uji praktikalitas melibatkan dua guru kimia dan enam peserta didik Fase F SMAN 10 Padang. Penelitian ini menggunakan instrumen angket validitas dan praktikalitas. Hasil uji validitas dianalisis dengan Aiken’V dan uji praktikalitas dianalisis dengan presentase nilai capaian. Hasil analisis validitas e-modul didapat rata-rata Aiken-V sebesar 0,86. Hasil uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik diperoleh rata-rata praktikalitas yaitu 90% dan 91%. Temuan penelitian menunjukkan, e-modul interaktif larutan penyangga berbasis guided discovery learning yang dikembangkan untuk fase F SMA telah valid dan sangat praktis, sehingga dapat diteruskan ke penelitian selanjutnya yaitu uji efektifitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...