Penelitian ini memiliki tujuan dalam mengembangkan e-modul interaktif larutan penyangga berbasis guided discovery learning untuk fase F SMA dan menganalisis validitas dan praktikalitas e-modul. Penelitian ini termasuk penelitian education design research yang menggunakan model Plomp. Penelitian ini dibatasi pada tahapan prototyping phase yaitu uji small group. Uji validitas e-modul melibatkan tiga dosen kimia FMIPA UNP dan dua guru kimia SMAN 10. Pada uji praktikalitas melibatkan dua guru kimia dan enam peserta didik Fase F SMAN 10 Padang. Penelitian ini menggunakan instrumen angket validitas dan praktikalitas. Hasil uji validitas dianalisis dengan Aiken’V dan uji praktikalitas dianalisis dengan presentase nilai capaian. Hasil analisis validitas e-modul didapat rata-rata Aiken-V sebesar 0,86. Hasil uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik diperoleh rata-rata praktikalitas yaitu 90% dan 91%. Temuan penelitian menunjukkan, e-modul interaktif larutan penyangga berbasis guided discovery learning yang dikembangkan untuk fase F SMA telah valid dan sangat praktis, sehingga dapat diteruskan ke penelitian selanjutnya yaitu uji efektifitas.
Copyrights © 2024