Ami : Jurnal Pendidikan dan Riset
Vol 3, No 1 (2025)

Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah

Nasution, Mufidatul Husna (Universitas Andalas)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) merupakan aspek fundamental dalam perkembangan literasi anak usia dini yang berperan penting dalam keberhasilan akademik mereka di masa depan. Artikel ini membahas metode pembelajaran MMP, perancangan pembelajaran, serta penilaian yang digunakan dalam mengukur efektivitas proses belajar. Menggunakan metode studi pustaka, penelitian ini menganalisis berbagai literatur terkini terkait strategi pembelajaran MMP. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan multisensori, metode fonetik, serta penggunaan media interaktif dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis pada anak. Selain itu, evaluasi berbasis proses dan hasil sangat penting dalam menilai perkembangan siswa secara menyeluruh. Studi ini menekankan pentingnya peran guru, orang tua, serta lingkungan dalam mendukung pengembangan literasi awal anak melalui strategi pembelajaran yang tepat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ami

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

AMI: Jurnal Pendidikan dan Riset aims to publish and disseminate original works and current issues regarding the subject of research and studies in the fields of: 1. Teacher professionalism in Islamic Basic Education 2. Development and Design of Islamic Basic Education Learning 3. Application and ...