Belum maksimalnya pembangunan layanan pendidikan salah satunya adalah belum meratanya Kartu Indonesia Pintar yang tepat sasaran secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan memperoleh gambaran tentang kebijakan terkait dengan program Kartu Indonesia Pintar dalam mewujudkan pemerataan pendidikan di SMP Negeri Kota Bandung yang dikaji berdasarkan sudut pandang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan faktor penghambat, serta solusi perbaikan kedepan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kebijakan Kartu Indonesia Pintar dalam mewujudkan pemerataan pendidikan di SMP Negeri Kota Bandung telah dilakukan melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, namun belum maksimal melakukan pemerataan pendidikan dengan memberikan bantuan kepada siswa yang kurang mampu sesuai tujuan diharapkan ditinjau dari masih terdapatnya siswa yang putus sekolah karena kekurangan biaya, sering terlambatnya pencairan dana, dan kurangnya kerjasama sekolah dan pemerintah melakukan pengelolaan dan pengendalian Kartu Indonesia Pintar
Copyrights © 2024