Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 12, No 2 (2024): Jurnal Surya Bahtera

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULS TEKS BERITA PADA KELAS XI DI SMK PEMBAHARUAN PURWOREJO

Rasyid, Abdul (Unknown)
Sholeh, Khabib (Unknown)
Santoso, Suryo Daru (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2025

Abstract

ABSTRAK: Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, penulis menemukan permasalahan bahwa pembelajaran menulis teks berita di kelas XI SMK Pembaharuan Purworejo lebih banyak disajikan dalam bentuk teori-teori dan menggunakan metode ceramah, akibatnya siswa cenderung cepat bosan dengan materi yang diajarkan. Hal itu membuat siswa pasif dan kurang berminat dalam kegiatan menulis teks berita.  Berdasarkan hasil wawancara dengan ibu Pratiwi selaku guru bahasa Indonesia kelas XI, ditemukan permasalahan bahwa kemampuan menulis berita siswa yang masih rendah terbukti dengan hasil nilai menulis berita pada siswa kelas XI SMK Pembaharuan Purworejo masih belum mencapai nilai KKM, yakni 75. Hal itu disebabkan model pembelajaran yang diterapkan terbilang masih monoton sehingga siswa mengalami kesulitan untuk mempresentasikan apa yang mampu siswa lisankan kedalam bentuk tulisan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi (1) penerapan model pembelajaran Think Talk Write untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berita di kelas XI SMK Pembaharuan Purworejo, (2) peningkatan proses pembelajaran teks berita dengan menggunakan model Think Talk Write pada siswa kelas XI SMK Pembaharuan Purworejo, (3) peningkatan kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write pada siswa kelas XI SMK Pembaharuan Purworejo.Pengaruh belajar siswa dalam pembelajaran menulis teks berita menjadi lebih baik dengan metode Think Talk Write, dilihat dari hasil pengamatan siklus I ke siklus II Pada aspek tanggung jawab siswa sebanyak 12 siswa atau 57,14% menjadi 17 siswa atau 80,95%. Aspek keaktifan siswa sebnayak 12 siswa atau 57,14% menjadi 15 siswa atau 71.42. Aspek perhatian siswa dalam proses pembelajaran sebanyak 11 siswa 52% menjadi 18 siswa atau 85.71. Peningkatan kemampuan menulis teks berita dapat dilihat dari hasil tes siswa pada prasiklus dengan rerata tes mencapai 62,9, siklus I meningkat menjadi 73,1, dan siklus II meningkat menjadi 80,0. Kata kunci: kemampuan menulis teks berita, dan tink talk write

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bahtera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bahtera merupakan jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Jurnal ini sebagai media publikasi karya tulis ilmiah yang dihimpun oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Purworejo ...