Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) khususnya pada mata pelajaran Elektronika Analog dan Digital. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan praktis di pendidikan kejuruan, yang selama ini belum terfasilitasi secara optimal. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, meliputi tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran AR yang dikembangkan memiliki tingkat kepraktisan dan efektivitas yang sangat tinggi. Pada uji coba one-to-one, uji skala kecil, dan uji lapangan, aplikasi ini mendapatkan nilai rata-rata persentase sebesar 97-99%, yang masuk dalam kategori sangat efektif dan sangat praktis. Siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap aplikasi yang digunakan, menunjukkan bahwa media ini dapat meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, penelitian ini menawarkan kebaruan dan kontribusi signifikan dalam mendukung pendidikan kejuruan, khususnya dalam mengintegrasikan teknologi AR untuk meningkatkan keterampilan teknis siswa.
Copyrights © 2025