Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang mampu memahami materi perkembangbiakan tumbuhan yaitu perkembangbiakan generatif dan perkembangbiakan vegetatif sehingga siswa kesulitan menerangkan kembali mengenai pembelajaran yang sudah disampaikan. Hasil di lapangan dari 20 siswa hanya 6 siswa yang mampu menjawab. Siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami soal sehingga tidak dapat menjawab soal dengan benar. Penelitian ini berfokus pada analisis pemahaman konsep siswa kelas IV mata pelajaran IPAS di SDN 07 Pontianak Kota, materi perkembangbiakan tumbuhan yang berfokus pada enam indikator pemahaman konsep yaitu menafsirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan, menyimpulkan, membandingkan, dan mencontohkan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Data dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas IV mata pelajaran IPAS di SDN 07 Pontianak Kota dalam kategori tinggi dengan persentase 61,25%. Pada indikator pemahaman konsep yaitu menafsirkan 60%, mencontohkan 80%, mengklasifikasikan 65%, menyimpulkan 47,5%, membandingkan 67.5%, dan menjelaskan 47,5%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025