Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bersinergi Inovatif
Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bersinergi Inovatif

PELATIHAN PEMBUATAN GAME DIGITAL ESCAPE ROOM DI SDN 1 KALIWUNGU KABUPATEN TULUNGAGUNG

Janattaka, Nugrananda (Unknown)
Satria, Aditya Pringga (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Pendidikan pada era society ditandai adanya trend terbaru yaitu munculnya metode gamifikasi. Gamifikasi sendiri adalah penerapan game dalam konteks non game. Salah satu bentuk gamifikasi yang sedang digandrungi oleh pelaku pendidikan yaitu escape room.  Pelatihan pembuatan game digital escape room ini, diharapkan mampu memberikan pengetahuan baru dalam bidang teknlogi serta inovasi pembelajaran dan strateginya. Pelaksaanan pelatihan ini dilakasanakan dua kali, pada tahap pertama, merupakan teori dasar, sedangkan tahap kedua adalah praktik pembuatan game escape room. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dan mampu membuat game digital escape room sesuai materi pembelajaran, sehingga dapat memberikan tambahan inovasi model media pembelajaran dalam bentuk game bagi guru guru di SDN 1 Kaliwungu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPKMBI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bersinergi Inovatif (JPKMBI), diterbitkan oleh PT. Gelora Cipta Nusantara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ini membahas praktik dan proses pengabdian kepada masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menyediakan forum bagi akademisi dan praktisi untuk ...