Strategi 3M (Meniru, Mengolah, dan Mengembangkan) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat menumbuhkan motivasi dan kreativitas dalam keterampilan menulis siswa. Tujuan dalam penelitian meta analisis ini adalah untuk mengidentifikasi: (1) pengaruh strategi 3M terhadap keterampilan menulis; (2) uji sampel berpasangan; dan (3) effect size total penerapan strategi 3M terhadap hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Peneliti menganalisis 15 artikel yang terdiri dari jurnal nasional dengan rentan waktu terbit 2016 hingga 2023, dimana sebagian besar jurnal tersebut telah terakreditasi SINTA. Dasar pemilihan artikel tersebut adalah adanya data dalam bentuk skor yang diperoleh sebelum dan sesudah penerapan strategi 3M. Hasil penelitian meta analisis menunjukkan bahwa strategi 3M meningkatkan keterampilan menulis sebesar 13,67% dengan hasil uji sampel berpasangan menunjukkan bahwa thitung = 9.94 > ttabel=2.14, maka H0 ditolak. Kemudian rata-rata effect size sebanyak 2,7 yang termasuk kategori sangat besar menurut kategori penilaian Cohen. Penerapan strategi 3M terbukti berpengaruh sangat besar dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di berbagai jenjang pendidikan
Copyrights © 2024