Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 10 No 2 (2024): Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Aspek Psikomotor

Dwi Nur Umi Rahmawati (Unknown)
Sri Wahyuni (Unknown)
Marhamah (Unknown)
Ratih Rahmawati (Unknown)
Rendy Nugraha Frasandy (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2025

Abstract

Kajian tentang keterampilan kritis ditinjau dari psikomotorik masih sangat jarang. Fokus dan ruang lingkup pendidikan yang luas memberikan peluang untuk mencari efektivitas pola tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan berfikir kritis peserta didik ditinjau dari aspek psikomotorik dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan menggunakan model ekspositori. Prapenelitian yang dilaksanakan untuk menggali keterampilan berfikir kritis peserta didik menunjukkan hanya 45% dari peserta didik kelas lima Sekolah Dasar Negeri 09 Belakang Balok Bukittinggi yang berada pada interval nilai ketuntasan minimum. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimen. Menggunakan Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas lima, sampel dipilih melalui teknik total sampling yang  terdiri dari peserta didik kelas lima A dan lima B. Penelitian ini mempertimbangkan taraf signifikansi p < 0.05, berdasarkan hasil temuan diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,039 sehingga nilai sig. < 0,05 oleh karena itu  diterima dan  ditolak, yang artinya Keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan  Model Problem Based Learning (PBL) yang ditinjau dari aspek psikomotorik lebih baik dari pada Keterampilan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari aspek psikomotor dengan menggunakan Model Ekspositori. Kata Kunci: Berpikir Kritis; Problem Based Learning; Aspek Psikomotorik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

ournal published by the department of Madrasah Ibtidaiyah (Elementary School) Teacher Education, Faculty of Tarbiya and Teachers Training, State Islamic Institute Metro, Lampung. This is a biannually published journal. It is dedicated for experts, lecturers, teachers, practitioners and researchers ...