CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan
Vol. 5 No. 1 (2025)

ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER SISWA KELAS X DI SMA

Hulu, Yardin (Unknown)
Waruwu , Toroziduhu (Unknown)
Telaumbanua , Desman (Unknown)
Harefa, Agnes Renostini (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2025

Abstract

This research is motivated by the lack of maximum implementation of character values ??at SMA Negeri 2 Alasa Talumuzoi, there are still students who do not follow the rules and regulations at school, and there are still students who do not respect their fellow students. The objectives of the research are: (1) Knowing the character values ??of students. (3) Knowing the application of students' character values. (3) Knowing efforts to form students' character values. The type of research used is qualitative research with a descriptive analysis approach. The research location is at SMA Negeri 2 Alasa Talumuzoi. Research instruments, namely: interview guide sheet and character values ??questionnaire. Research results: (1) The character values ??of class of 3.20 (high), hard work of 3.19 (high), creativity of 3.19 (high), love of peace of 3.15 (high), independence of 3.13 (high), honesty of 3, 10 (high), friendly (communicative) 3.10 (high), caring for the environment 3.09 (high), respecting achievements 3.08 (high), love of the country 3.07 (high), responsibility of 3.05 (high), likes reading 3.04 (high), democracy of 3.01 (high), self-confidence of 3.01 (high), social care of 3.01 (high). (2) The application of character values ??at SMA Negeri 2 Alasa Talumuzoi has been implemented in the school environment by providing good examples, inserting moral messages in learning, giving awards and appreciation, teaching manners, providing inspiration, making rules with students, and maintain cleanliness. (3) Efforts to form character values ??at SMA Negeri 2 Alasa Talumuzoi can be instilled through daily activities at school, such as: school literacy, extracurricular activities, beginning and end of learning activities, habituation, establishing school rules. ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya penerapan nilai-nilai karakter di SMA Negeri 2 Alasa Talumuzoi, masih terdapat siswa yang belum mengikuti peraturan dan tata tertib di sekolah, dan masih terdapat siswa yang masih belum menghargai sesama temannya. Tujuan penelitian, yaitu:  (1) Mengetahui nilai-nilai karakter siswa. (3) Mengetahui penerapan nilai-nilai karakter siswa. (3) Mengetahui upaya pembentukan nilai-nilai karakter siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di SMA Negeri 2 Alasa Talumuzoi. Instrumen penelitian, yaitu: lembar panduan wawancara dan angket nilai-nilai karakter. Hasil penelitian: (1) Nilai-nilai karakter siswa kelas X di SMA Negeri 2 Alasa Talumuzoi yaitu karakter toleransi sebesar 3,35 (tinggi), religius sebesar 3,33 (tinggi), disiplin sebesar 3,26 (tinggi), semangat kebangsaan sebesar 3,20 (tinggi), kerja keras sebesar 3,19 (tinggi), kreatif sebesar 3,19 (tinggi), cinta damai sebesar 3,15 (tinggi), mandiri sebesar 3,13 (tinggi), jujur sebesar 3,10 (tinggi), bersahabat (komunikatif) sebesar 3,10 (tinggi), peduli lingkungan sebesar 3,09 (tinggi), menghargai prestasi sebesar 3,08 (tinggi), cinta tanah air sebesar 3,07 (tinggi), tanggung jawab sebesar 3,05 (tinggi), gemar membaca sebesar 3,04 (tinggi), demokratis sebesar 3,01 (tinggi), rasa percaya diri sebesar 3,01 (tinggi), peduli sosial sebesar 3,01 (tinggi). (2) Penerapan nilai-nilai karakter di SMA Negeri 2 Alasa Talumuzoi telah diterapkan di lingkungan sekolah dengan cara memberikan contoh yang baik, menyelipkan pesan moral dalam pembelajaran, memberikan penghargaan dan apresiasi, mengajarkan sopan santun, memberikan inspirasi, membuat aturan bersama siswa, dan menjaga kebersihan. (3) Upaya pembentukan nilai-nilai karakter di SMA Negeri 2 Alasa Talumuzoi dapat ditanamkan melalui kegiatan sehari-hari di sekolah, seperti: literasi sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan awal dan akhir pembelajaran, pembiasaan, penetapan tata tertib sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu ...