Penggunaan smartphone dalam pembelajaran fisika memberikan dampak positif dan menimbulkan masalah lain, salah satunya adalah penyalahgunaan gawai untuk kegiatan lain, seperti bermain game. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi kurang efektif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi berupa buku digital berbasis augmented reality dan gamifikasi untuk pembelajaran fisika untuk materi medan magnet. Penelitian ini mengikuti langkah-langkah pengembangan model ADDIE, yang meliputi analisis, desain, dan pengembangan. Data untuk pengembangan dikumpulkan melalui analisis konten fisika, media pembelajaran, dan analisis perangkat lunak yang terkait dengan augmented reality dan permainan Maze Chase. Lima orang pakar melakukan validasi terhadap media ajar yang dihasilkan. Setelah dikembangkan, media pembelajaran medan magnet berbasis augmented reality dan gamifikasi dihasilkan menjadi buku digital. Berdasarkan hasil validasi pakar, nilai CVR untuk semua aspek yang tervalidasi adalah 5, yang lebih besar dari CVR kritis yaitu 4. Dengan demikian, media pembelajaran yang dihasilkan valid dan layak untuk mendukung pembelajaran fisika SMA tentang medan magnet.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025